Senin, 01 Mei 2017

Teori Deskriptif, Preskriptif, dan Behavioristik

TEORI DESKRIPTIF DAN TEORI PRESKRIPTIF
1.      Jelaskan penegrtian teori deskriptif!
Jawaban:
teori belajar deskriptif atau teori belajar mendeskriptif adalah adanya proses belajar, teori belajar menaruh perhatian pada hubungan antar variable-variabel yang menentukan hasil belajar.
2.      Jelaskan pengertian teori preskriptif!
Jawaban:
teori preskriptif atau teori belajar mempreskriptikan merupakan strategi atau metode pembelajaran yang optimal yang dapat mempermudah proses belajar. Teori pembelajaran berurusan pada upayah mengontrol variabel yang spesifikasikan dalam teori belajar agar dapat memudahkan belajar.
3.      Sebutkan perbedaan antara teori deskriptif dan teori preskriptif!
Jawaban:
perbedaan dari kedua teori tersebut yaitu:
Ø  Teori deskriptif tujuan utamanya menjelaskan proses belajar, teori preskriptif menetapkan metode pebelajaran yang optimal ini merupakan tyujuan utamanya.
Ø  Teori pembelajaran preskriptif dimklasudkan untuk mencapai tujuan, sedangkan teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk memeberikan hasil.
Ø  Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar atau bagaimana seseorang belajar.
Ø  Teori pembelajaran yaitu bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
Ø  Teori preskriptif adalah gocl oriented untuk menmcapai tujuan, sedangkan teori deskriptif adalah gocl free (untuk memeberikan hasil).  
4.      Sebutkan dan jelaskan kekurangan teori deskriptif!
Jawaban:
kekurangan teori deskriptif yaitu kurangnya memperhatikan sisi psikologis siswa dalam mendalami suatu materi.
5.      Sebutkan dan jelaskan kekurangan preskriptif!
Jawaban:
kekurangan teori preskriptif yaitu membutuhkan waktu yang cuckup lama.
6.      Sebutkan dan jelaskan kelebihan teori deskriptif!
Jawaban:
kelebihan teori deskriptif yaitu lebih terkonsep sehingga siswa lebih memahami materi yang akan disampaikan dan juga mendorong siswa untuk mencapai sumber pengetahuan sebanyak-banyaknya dalam mengerjakan suatu tugas. 
7.      Sebutkan dan jelaskan kelebihan teori preskriptif!
Jawaban:
kelebihan teori preskriptif yaitu teori ini lebh dan tujuan yang sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas, banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar, serta mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal.
8.      Jelaskan teori belajar dan pembelajaran terkait teori belajar deskriptif!
Jawaban:
teori belajar menjelaskan dengan pasti apa yang terjadi, sedangkan teori pembelajaran hanya membimbing apa yang harus dilakukan untuk menghasilkan hal tersebut.
9.      Jelaskan teori belajar dan pembelajaran terkait teori belajar preskriptif!
Jawaban:
teori pembelajaran bersifat preskriptif yang berarti suatu yang ada sebelum ada faktanya, sifat itu adalah sesuatu yang ada sebelum proses belajar itu terjadi. Teori pembelajaran harus mampu menghubungkan antara hal apa yang ada sekarang dan bagaimana hasilnya hal tersebut.
10.   Buatlah kerangka pembelajaran sesuai dengan teori deskriptif dan teori preskriptif!


TEORI BEHAVIORISTIK
1.      Jelaskan penegrtian belajar dalam teori behavioristic secara umum!
Jawaban:
teori behavioristic menjelaskan bahwa belajar adalah perubahan perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dinilai secara konkret. Perubahan terjadi melalui rangsangan (stimulan) yang menimbulkan hubungan reaktif (respon) berdasarkan hubum-hukum mekanistik.
2.      Jelaskan pengertian belajar dalam teori behavioristic menurut panfdangan beberapa pakar!
a.       Thorndike
b.      Watson
c.       Cark hull
d.      Edwin Guthrie
e.       Skinner
f.       Robert gagner
g.       Albert bandura
h.      pavlov
Jawaban: 
pengertian belajar menurut para ahli:
a.       Thorndike, belajar merupakan peristiwa terbentuknya asosiasi-asosiasi antara peristiwa yang disebuit stimulus dan respon.
b.      Watson, bel;ajar adalah proses perubahan yang terjadi karna adanya syarat-syarat (conditions) yang kemudian menimbulkan reaksi (respon).
c.       Crark hull, mengemukakan teorinya yaitu bahwa suatu kebutuhan atau keadaan terdorong  (oleh motifasi, tu7juan, maksud, aspirasi, dan ambisi) harus ada dalam diri seseorang yang belajar, sebelum suatu respon dapat diperkuatatas dasar pengurangan kebutuhan.
d.      Edwin Guthrie, contiguity theory Guthrie adalah teori yang disumbangkannya mengemukakan cara atsu metode untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik berdasrkan teori condiotining.
e.       Skinner, ia menganggap reinfrotment merupakan factor penting dalam belajar, reinforcement atau peneguhan diartikan sebagai suatu konektivitas perilaku yang memperkuat tertentu peneguhan ada dua yaitu positif dan negative.
f.       Robert gagne, belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia setelah belajar secara terus menerus oleh proses pertumbuhan saja.
g.       Albert bandura, sangat terkenal dengan teori pembel;ajaran social (social learning teory) salah satu konsep dalam aluran behaviorisme yang menekankan pad komponen kognitif dan pikiran, pemahaman dan evaluasi.
h.      Pavloprkenal dengan teory clarsic conditioning yaitu prosedur pencipta repleks baru dengan cara mendatangkan stimulus sebelum terjadinya reflex tersebut.
3.      Sebutkan dan jelaskan prinsip belajar dalam teori behavioristic
Jawaban:
prinsip-prinsip belajar dalam teori behavioristic yaitu:
a.       Proses belajar dapat berhasil dengan baik apabila pembelajaran ikut berpartisifasi secara aktif didalamnya.
b.      Materi pembelajaran dibentuk dalam bentuk unit-unit krcil dan diatur berdasarkanj urutan yang logis sehinnga pembelajarran mudah mempelajarinya.
c.       Tiap-tiap respon perlu diberi umpan balik secara langsung sehingga pembelajaran dapat mengetahui apakah respon ynag diberikan telah benar atau belum
d.      Setiap kali pembelajaran memberikan respon yang benar, ia perlu diberi penguatan, penvuatan positif memberikan pengaruh yang lebih baik dari pada negative.
4.      Sebutkan dan jelaskan hukum-hukum perubahan perilaku menurut thorndike!
Jawaban:
hukum-hukum perubahan menurut thorndike, yitu:
·         Hukum kesiapan, yaitu semakin siap suatu organisme memperoleh suatu perubahan tingkah laku, pelaksanan tingkah laku tersebut akan menimbulkan kepuasan individu sehingga asosiasi cenderung diperkuat.
·         Hukum latihan, yaitu koneksi antara kondisi dan tindakan akan menjadi lebih kuat karna latihan-latihan, akan tetapi melemah jika koneksi keduanya tidak dihentikan
·         Hukum hasil, yaitu hubungan stimulus respon cenderung diperkuat bila akibatnbya menyenangkan dan cenderung di perlemah jika akibatnya tidak memuaskan.
5.      Apakah yang dimaksud teori belajar triad and error dan berikan contohnya!
Jawaban:
teori belajar trial and error yaitu teori belajar yang dicirikan dengan adanya aktivitas, adanya berbagai respon terhadap berbagai situasi, adanya eliminasi terjadap respon yang salah, dan adanya kemampuan-kemampuan reaksi mencapai tujuan.
6.      Sebutkan metode untuk mengubah kebiasaan buruk pembelajaran menurut Guthrie dan berikan contohnya!
Jawaban:
·         Metode ambang, yaitu metode mengubah tindak balas dengan menurungkan atau meninmgkatkan rangsangan secara berangsur
·         Metode meletihkan, yaitu menhilangkan tindak balas yang tidak diinginkan dengan menggalakkan individu mengalami tindak balas individu itu sampai akhirnya ia letih
·         Metode ambang rangsangan tak serasi,yaitu dengan memasangkan rangsangan yang menimbulkan tindak balas yang tidak diinginkan.
7.      Apa yang dimaksud denga reinforcement dalam teori behavioristic dan berikan contohnya dalam konteks pembelajaran dikelas!
Jawaban;
reinforcement atau peneguhan diartikan sebagai suatu konsekuensi perilaku yang memperkuat perilaku tertentu.
Contohnya dalam konteks pembelajaran yitu seorang anak yang nakal dalam kelas diberikan reinforcement krna ssiswa tersebut  secara kebetulan bisa mkenjawab pertanyaan dilontarkan, menunjukkan perilaku kebiasaan berbuat onar ketika jam pelajaran berkurang bahkan siswa tersebut berbalik menjadi siswa yang aktif.
8.      Sebutkan kelebihan dan kelemahan behavioristic!
Jawaban:
·         kelebihan teori behavioristic, yaitu:
a.       mebiasakan guru bersikaf jeli dan peka pada situasi dan kondfisi belajar
b.      guru tidak banyak memberikan ceramah sehingga murid dibiasakan belajar mandiri. Jika menemukan kesulitan, baru ditanya pada guru yang bersangkutan
c.       mampu membentuk suatu perilaku yang diinginkan mendapatkan penguatan positif dan perilaku yang kurang sesuai mendapat penghargaan negative yang disadari pada perilaku yang tampak
d.      melalui pengulangan dan pelatihan yang berkesinambungan yang dapat mengoptimalkan bakat dan kecerdasan siswa yang sudah terbentuk sebelumnya.
e.       Bahan pelajaran yangdisusun secara hierarkis dari yang sederhana sampai pada kompleks dengan tujuan pembelajarandi bagi dalam bagian-bagian kecil yang ditandai dengan pencpaian suatu keterampilan tertentu mampu menghasilkan suatu perilaku yang konsisten terhadap bidang tertentu.
f.       Dapat mengganti stimulus yang satu dengan stimulus yang lain dan seterusnya smpai  respon yang diinginkan muncul.
g.       Teori ini cocok untuk memperoleh kemampuan yang membutuhkan praktik
h.      Cocok untuk diterapkan pada anak-anak yang membutuhkan dominasi orang dewasa.
·         Kekurangan teori behavioristic, yaitu:
a.       Sebuah konsekuensi bagi guru untuk menyusun bahan pel;ajaran dala bentuk yang sudah siap
b.      Tidak setiap mata pelajaran bisa menggunakan metode ini
c.       Muncul sebagai pendengar dan menghafal apa yang didengar
d.      Penggunaan hukuman dihindari
e.       Murid di pandangf pasif, perlu memotivasi dari luar, dan sangat dipengaruh penbguatan dari guru
f.       Cenderung mengarahkan siswa untuk berfikir linear, konvergen, tidak kreatif, tidak produktif, mendudkung siswa sebagai individu yang pasif.
g.       Pembelajaran siswa berpusat pada guru dn hanya berorientasi pada hasil yang dapat diamati dan diukur.
9.      Sebutkan ciri-ciri belajar dalam teori behavioristic!
Jawaban:
ciri-ciri belajar dalam teori behavioristic, yaitu:
a.       Memengtingkan pengaruh lingkungan
b.      Mementingkan bagian-bagian
c.       Mementingkan peran reaksi
d.      Mengutamakan mekanisme terbentuknya hasil belajar melalui prosedur stimulus respon
e.       Mementingkan peranan kemampuan yang sudah terbentuk sebelumnya
f.       Mementingkan pembuatan kebiasan melalui latihan dan pengulangan
g.       Hasil belajar yang dicapai adalah munculnya perilaku yang diinginkan.
10.  Berikan contoh penerapan belajar dikelas sesuai teori behavioristic!  
Jawaban:
contohnya pembelajran dalam penjaskes.
Pembelajaran penjaskes tergantung dari beberapa hal sebagai berikut:
a.       Tujuan pembelajaran
b.       Sifat materi pembelajaran
c.       Karakteristik pembelajaran
d.      Media
e.       Fasilitas pembelajaran yang tersedia
Pembelajaran penjaskes yang dirancang dan berpijak pada teori behavioristic memndang bahwa pengetahuan adalah objektif, pasti, tetap dan tidak berubah. Tujuan pembelajaran penjaskes menurut teori behavioristic ditekankan pada penambahan pengetahuan , sedangkan belajar sebagai aktivitas mimetic, menuntut pembelajar untuk mengumpulkan kembali pengetahuan yang sudah dipelajari dalam bentuk kuis atau tes.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar