TEORI DESKRIPTIF DAN TEORI PRESKRIPTIF
1. Jelaskan
penegrtian teori deskriptif!
Jawaban:
teori belajar deskriptif atau
teori belajar mendeskriptif adalah adanya proses belajar, teori belajar menaruh
perhatian pada hubungan antar variable-variabel yang menentukan hasil belajar.
2. Jelaskan pengertian
teori preskriptif!
Jawaban:
teori preskriptif atau teori
belajar mempreskriptikan merupakan strategi atau metode pembelajaran yang
optimal yang dapat mempermudah proses belajar. Teori pembelajaran berurusan pada
upayah mengontrol variabel yang spesifikasikan dalam teori belajar agar dapat
memudahkan belajar.
3. Sebutkan
perbedaan antara teori deskriptif dan teori preskriptif!
Jawaban:
perbedaan dari kedua teori
tersebut yaitu:
Ø
Teori deskriptif tujuan utamanya menjelaskan proses
belajar, teori preskriptif menetapkan metode pebelajaran yang optimal ini
merupakan tyujuan utamanya.
Ø
Teori pembelajaran preskriptif dimklasudkan untuk
mencapai tujuan, sedangkan teori pembelajaran deskriptif dimaksudkan untuk
memeberikan hasil.
Ø
Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan
diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar atau bagaimana
seseorang belajar.
Ø
Teori pembelajaran yaitu bagaimana seseorang
mempengaruhi orang lain agar terjadi hal belajar
Ø
Teori preskriptif adalah gocl oriented untuk
menmcapai tujuan, sedangkan teori deskriptif adalah gocl free (untuk
memeberikan hasil).
4. Sebutkan dan
jelaskan kekurangan teori deskriptif!
Jawaban:
kekurangan teori deskriptif yaitu
kurangnya memperhatikan sisi psikologis siswa dalam mendalami suatu materi.
5. Sebutkan dan
jelaskan kekurangan preskriptif!
Jawaban:
kekurangan teori preskriptif
yaitu membutuhkan waktu yang cuckup lama.
6. Sebutkan dan
jelaskan kelebihan teori deskriptif!
Jawaban:
kelebihan teori deskriptif yaitu
lebih terkonsep sehingga siswa lebih memahami materi yang akan disampaikan dan
juga mendorong siswa untuk mencapai sumber pengetahuan sebanyak-banyaknya dalam
mengerjakan suatu tugas.
7. Sebutkan dan
jelaskan kelebihan teori preskriptif!
Jawaban:
kelebihan teori preskriptif yaitu
teori ini lebh dan tujuan yang sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan
yang jelas, banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar, serta
mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal.
8. Jelaskan teori
belajar dan pembelajaran terkait teori belajar deskriptif!
Jawaban:
teori belajar menjelaskan dengan
pasti apa yang terjadi, sedangkan teori pembelajaran hanya membimbing apa yang
harus dilakukan untuk menghasilkan hal tersebut.
9. Jelaskan
teori belajar dan pembelajaran terkait teori belajar preskriptif!
Jawaban:
teori pembelajaran bersifat
preskriptif yang berarti suatu yang ada sebelum ada faktanya, sifat itu adalah
sesuatu yang ada sebelum proses belajar itu terjadi. Teori pembelajaran harus mampu
menghubungkan antara hal apa yang ada sekarang dan bagaimana hasilnya hal
tersebut.
10. Buatlah
kerangka pembelajaran sesuai dengan teori deskriptif dan teori preskriptif!
1. Jelaskan
penegrtian belajar dalam teori behavioristic secara umum!
Jawaban:
teori behavioristic menjelaskan
bahwa belajar adalah perubahan perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dinilai
secara konkret. Perubahan terjadi melalui rangsangan (stimulan) yang
menimbulkan hubungan reaktif (respon) berdasarkan hubum-hukum mekanistik.
2. Jelaskan pengertian
belajar dalam teori behavioristic menurut panfdangan beberapa pakar!
a.
Thorndike
b.
Watson
c.
Cark hull
d.
Edwin Guthrie
e.
Skinner
f.
Robert gagner
g.
Albert bandura
h.
pavlov
Jawaban:
pengertian belajar menurut para
ahli:
a.
Thorndike, belajar merupakan peristiwa terbentuknya
asosiasi-asosiasi antara peristiwa yang disebuit stimulus dan respon.
b.
Watson, bel;ajar adalah proses perubahan yang
terjadi karna adanya syarat-syarat (conditions) yang kemudian menimbulkan reaksi
(respon).
c.
Crark hull, mengemukakan teorinya yaitu bahwa suatu
kebutuhan atau keadaan terdorong (oleh
motifasi, tu7juan, maksud, aspirasi, dan ambisi) harus ada dalam diri seseorang
yang belajar, sebelum suatu respon dapat diperkuatatas dasar pengurangan
kebutuhan.
d.
Edwin Guthrie, contiguity theory Guthrie adalah
teori yang disumbangkannya mengemukakan cara atsu metode untuk mengubah
kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik berdasrkan teori condiotining.
e.
Skinner, ia menganggap reinfrotment merupakan factor
penting dalam belajar, reinforcement atau peneguhan diartikan sebagai suatu
konektivitas perilaku yang memperkuat tertentu peneguhan ada dua yaitu positif
dan negative.
f.
Robert gagne, belajar adalah perubahan yang terjadi
dalam kemampuan manusia setelah belajar secara terus menerus oleh proses
pertumbuhan saja.
g.
Albert bandura, sangat terkenal dengan teori
pembel;ajaran social (social learning teory) salah satu konsep dalam aluran
behaviorisme yang menekankan pad komponen kognitif dan pikiran, pemahaman dan
evaluasi.
h.
Pavloprkenal dengan teory clarsic conditioning yaitu
prosedur pencipta repleks baru dengan cara mendatangkan stimulus sebelum
terjadinya reflex tersebut.
3. Sebutkan dan
jelaskan prinsip belajar dalam teori behavioristic
Jawaban:
prinsip-prinsip belajar dalam
teori behavioristic yaitu:
a.
Proses belajar dapat berhasil dengan baik apabila
pembelajaran ikut berpartisifasi secara aktif didalamnya.
b.
Materi pembelajaran dibentuk dalam bentuk unit-unit
krcil dan diatur berdasarkanj urutan yang logis sehinnga pembelajarran mudah
mempelajarinya.
c.
Tiap-tiap respon perlu diberi umpan balik secara
langsung sehingga pembelajaran dapat mengetahui apakah respon ynag diberikan
telah benar atau belum
d.
Setiap kali pembelajaran memberikan respon yang
benar, ia perlu diberi penguatan, penvuatan positif memberikan pengaruh yang
lebih baik dari pada negative.
4. Sebutkan dan
jelaskan hukum-hukum perubahan perilaku menurut thorndike!
Jawaban:
hukum-hukum perubahan menurut
thorndike, yitu:
·
Hukum kesiapan, yaitu semakin siap suatu organisme
memperoleh suatu perubahan tingkah laku, pelaksanan tingkah laku tersebut akan
menimbulkan kepuasan individu sehingga asosiasi cenderung diperkuat.
·
Hukum latihan, yaitu koneksi antara kondisi dan
tindakan akan menjadi lebih kuat karna latihan-latihan, akan tetapi melemah
jika koneksi keduanya tidak dihentikan
·
Hukum hasil, yaitu hubungan stimulus respon
cenderung diperkuat bila akibatnbya menyenangkan dan cenderung di perlemah jika
akibatnya tidak memuaskan.
5. Apakah yang
dimaksud teori belajar triad and error dan berikan contohnya!
Jawaban:
teori belajar trial and error
yaitu teori belajar yang dicirikan dengan adanya aktivitas, adanya berbagai
respon terhadap berbagai situasi, adanya eliminasi terjadap respon yang salah,
dan adanya kemampuan-kemampuan reaksi mencapai tujuan.
6. Sebutkan
metode untuk mengubah kebiasaan buruk pembelajaran menurut Guthrie dan berikan
contohnya!
Jawaban:
·
Metode ambang, yaitu metode mengubah tindak balas
dengan menurungkan atau meninmgkatkan rangsangan secara berangsur
·
Metode meletihkan, yaitu menhilangkan tindak balas
yang tidak diinginkan dengan menggalakkan individu mengalami tindak balas
individu itu sampai akhirnya ia letih
·
Metode ambang rangsangan tak serasi,yaitu dengan
memasangkan rangsangan yang menimbulkan tindak balas yang tidak diinginkan.
7. Apa yang
dimaksud denga reinforcement dalam teori behavioristic dan berikan contohnya
dalam konteks pembelajaran dikelas!
Jawaban;
reinforcement atau peneguhan
diartikan sebagai suatu konsekuensi perilaku yang memperkuat perilaku tertentu.
Contohnya dalam konteks
pembelajaran yitu seorang anak yang nakal dalam kelas diberikan reinforcement
krna ssiswa tersebut secara kebetulan
bisa mkenjawab pertanyaan dilontarkan, menunjukkan perilaku kebiasaan berbuat
onar ketika jam pelajaran berkurang bahkan siswa tersebut berbalik menjadi
siswa yang aktif.
8. Sebutkan
kelebihan dan kelemahan behavioristic!
Jawaban:
·
kelebihan teori behavioristic, yaitu:
a.
mebiasakan guru bersikaf jeli dan peka pada situasi
dan kondfisi belajar
b.
guru tidak banyak memberikan ceramah sehingga murid
dibiasakan belajar mandiri. Jika menemukan kesulitan, baru ditanya pada guru
yang bersangkutan
c.
mampu membentuk suatu perilaku yang diinginkan
mendapatkan penguatan positif dan perilaku yang kurang sesuai mendapat
penghargaan negative yang disadari pada perilaku yang tampak
d.
melalui pengulangan dan pelatihan yang
berkesinambungan yang dapat mengoptimalkan bakat dan kecerdasan siswa yang
sudah terbentuk sebelumnya.
e.
Bahan pelajaran yangdisusun secara hierarkis dari
yang sederhana sampai pada kompleks dengan tujuan pembelajarandi bagi dalam
bagian-bagian kecil yang ditandai dengan pencpaian suatu keterampilan tertentu
mampu menghasilkan suatu perilaku yang konsisten terhadap bidang tertentu.
f.
Dapat mengganti stimulus yang satu dengan stimulus
yang lain dan seterusnya smpai respon
yang diinginkan muncul.
g.
Teori ini cocok untuk memperoleh kemampuan yang
membutuhkan praktik
h.
Cocok untuk diterapkan pada anak-anak yang
membutuhkan dominasi orang dewasa.
·
Kekurangan teori behavioristic, yaitu:
a.
Sebuah konsekuensi bagi guru untuk menyusun bahan
pel;ajaran dala bentuk yang sudah siap
b.
Tidak setiap mata pelajaran bisa menggunakan metode
ini
c.
Muncul sebagai pendengar dan menghafal apa yang didengar
d.
Penggunaan hukuman dihindari
e.
Murid di pandangf pasif, perlu memotivasi dari luar,
dan sangat dipengaruh penbguatan dari guru
f.
Cenderung mengarahkan siswa untuk berfikir linear,
konvergen, tidak kreatif, tidak produktif, mendudkung siswa sebagai individu
yang pasif.
g.
Pembelajaran siswa berpusat pada guru dn hanya
berorientasi pada hasil yang dapat diamati dan diukur.
9. Sebutkan
ciri-ciri belajar dalam teori behavioristic!
Jawaban:
ciri-ciri belajar dalam teori
behavioristic, yaitu:
a.
Memengtingkan pengaruh lingkungan
b.
Mementingkan bagian-bagian
c.
Mementingkan peran reaksi
d.
Mengutamakan mekanisme terbentuknya hasil belajar
melalui prosedur stimulus respon
e.
Mementingkan peranan kemampuan yang sudah terbentuk
sebelumnya
f.
Mementingkan pembuatan kebiasan melalui latihan dan
pengulangan
g.
Hasil belajar yang dicapai adalah munculnya perilaku
yang diinginkan.
10. Berikan
contoh penerapan belajar dikelas sesuai teori behavioristic!
Jawaban:
contohnya pembelajran dalam
penjaskes.
Pembelajaran penjaskes tergantung
dari beberapa hal sebagai berikut:
a.
Tujuan pembelajaran
b.
Sifat materi
pembelajaran
c.
Karakteristik pembelajaran
d.
Media
e.
Fasilitas pembelajaran yang tersedia
Pembelajaran penjaskes yang
dirancang dan berpijak pada teori behavioristic memndang bahwa pengetahuan
adalah objektif, pasti, tetap dan tidak berubah. Tujuan pembelajaran penjaskes
menurut teori behavioristic ditekankan pada penambahan pengetahuan , sedangkan
belajar sebagai aktivitas mimetic, menuntut pembelajar untuk mengumpulkan
kembali pengetahuan yang sudah dipelajari dalam bentuk kuis atau tes.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar