Selasa, 25 November 2014

KOPETENSI DASA dalam SILABUS

RUSDIANTO NURMAN
1214041002
PENDIDIKAN BIOLOGI
TUGAS INDIVIDU III
Kompetensi Dasar: Kelas X. “3.12 Mengidentifikasi jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah serta membuat produkdaur ulang limbah ”.
Indikator:
1. Menyebutkan penyebab-penyebab terjadinya pencemaran di lingkungan sekitar.
2. Menjelaskan pengertian limbah.
3.Membedakan jenis-jenis pengelompokan limbah.
4. Menjelaskan proses-proses daur ulang limbah.
5. Menunjukkan contoh-contoh limbah yang terdapat di lingkungan sekitar. 
6. Menyebutkan pengaruh yang dapat disebabkan oleh limbah.
 7. Melakukan percobaan daur ulang limbah untuk dijadikan suatu produk yang bernilai.

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa  dapat  menyebutkan  penyebab-penyebab terjadinya  pencemaran  denganpengamatan langsung di lingkungan sekitar.
2. Siswa dapat menjelaskan pengertian limbah dengan melakukan diskusi kelompok didalam kelas.
3. Siswa  dapat  membedakan  jenis-jenis  pengelompokkan  limbah  melalui  diskusikelompok di dalam kelas.
4. Melalui survei langsung pabrik pengolahan limbah, siswa dapat menjelaskan proses-proses daur ulang limbah.
5. Melalui pengamatan langsung, siswa dapat menunjukkan contoh-contoh limbah yangtedapat di lingkungan sekitar.
6. Melalui pengamatan atau survei di lingkungan, siswa dapat menunjukkan  pengaruhpengaruh yang dapat disebabkan oleh limbah. 
7. Melalui  praktikum,  siswa  dapat  melakukan  percobaan  daur  ulang  limbah  untukdijadikan suatu produk yang bernilai.

MATERI
Bab 6 Kelas VII SMP Kurikulum 2013: Halaman 137I. 
Sistem Pencernaan Sudah dikemukakan di atas bahwa  makanan merupakan sumber energi bagi tubuh.Makanan  yang  masuk  ke  dalam  tubuh  akan  mengalami  perombakan  dari  molekulkompleks  menjadi  molekul  sederhana.  Perombakan  ini  akan  menghasilkan  sejumlahenergi. Zat makanan yang berperan sebagai sumber energi adalah karbohidrat, lemak, danprotein.1. Metabolisme Pencernaan Karbohidrat dalam TubuhKarbohidrat setelah dicerna di usus akan diserap oleh dinding usus halus dalambentuk monosakarida. Monosakarida dibawa oleh aliran darah sebagian besar menujuhati  dan  sebagian  lainnya  dibawa  ke  sel  jaringan  tertentu  dan  mengalami  prosesmetabolisme lebih  lanjut.  Di  dalam  hati,  monosakarida  mengalami  proses  sintesismenghasilkan  glikogen, dioksidasi  menjadi  CO2  dan  H2O,  atau  dilepaskan  untukdibawa oleh aliran darah ke bagian tubuh yang memerlukan. Hati dapat mengatur kadarglukosa  dalam  darah  atas  bantuan  hormon  insulin  yang  dikeluarkan  oleh  kelenjar pankreas.  Kenaikan  proses  pencernaan  dan  penyerapan  karbohidrat  menyebabkanglukosa dalam darah meningkat sehingga sintesis glikogen dari glukosa oleh hati akannaik. Sebaliknya, jika banyak kegiatan, banyak energi yang digunakan untuk kontraksiotot  sehingga  kadar  glukosa  dalam  darah  menurun. Dalam  hal  ini,  glikogen akandiuraikan  menjadi  glukosa  yang  selanjutnya  mengalami  katabolisme  menghasilkanenergi (dalam bentuk energi kimia).Hormon yang mengatur kadar gula dalam darah, yaitu:1. hormon insulin, dihasilkan oleh pankreas, berfungsi menurunkan kadar glukosadalam darah.2. hormon adrenalin, dihasilkan oleh korteks adrenal,  berfungsi menaikkan kadarglukosa dalam darah.


Kompetensi Dasar:
Kelas XII:  3.3  Mendeskripsikan sifat dan fungsi enzim dalam proses metabolisme.
   4.8  Menyajikan hasil identifikasi produk-produk makanan, minuman dan  obat-obatan hasil implementasi konsep metabolisme yang ada di kehidupan sehari-hari.
Tabel Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Bentuk Bahan/Materi
Sumber Bahan
Mendeskripsikan sifat dan fungsi enzim dalam proses metabolisme.

Konsep dan Prinsip
Buku, Internet, Jurnal, pakar bidang studi dan media audiovisual (TV, Video dsb.)
Menyajikan hasil identifikasi produk-produk makanan, minuman dan obat-obatan hasil implementasi konsep metabolisme yang ada di kehidupan sehari-hari.
Fakta, Konsep, dan Prinsip, keterampilan
Buku, Internet, Lingkungan (alam, industri dsb.), Laporan hasil penelitian, Jurnal, pakar bidang studi dan media audiovisual (TV, Video dsb.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar