RUSDIANTO NURMAN
1214041002
PENDIDIKAN BIOLOGI
TUGAS INDIVIDU III
Kompetensi Dasar: Kelas X. “3.12 Mengidentifikasi jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah serta membuat produkdaur ulang limbah ”.
Indikator:
1. Menyebutkan penyebab-penyebab terjadinya pencemaran di lingkungan sekitar.
2. Menjelaskan pengertian limbah.
3.Membedakan jenis-jenis pengelompokan limbah.
4. Menjelaskan proses-proses daur ulang limbah.
5. Menunjukkan contoh-contoh limbah yang terdapat di lingkungan sekitar.
6. Menyebutkan pengaruh yang dapat disebabkan oleh limbah.
7. Melakukan percobaan daur ulang limbah untuk dijadikan suatu produk yang bernilai.
Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat menyebutkan penyebab-penyebab terjadinya pencemaran denganpengamatan langsung di lingkungan sekitar.
2. Siswa dapat menjelaskan pengertian limbah dengan melakukan diskusi kelompok didalam kelas.
3. Siswa dapat membedakan jenis-jenis pengelompokkan limbah melalui diskusikelompok di dalam kelas.
4. Melalui survei langsung pabrik pengolahan limbah, siswa dapat menjelaskan proses-proses daur ulang limbah.
5. Melalui pengamatan langsung, siswa dapat menunjukkan contoh-contoh limbah yangtedapat di lingkungan sekitar.
6. Melalui pengamatan atau survei di lingkungan, siswa dapat menunjukkan pengaruhpengaruh yang dapat disebabkan oleh limbah.
7. Melalui praktikum, siswa dapat melakukan percobaan daur ulang limbah untukdijadikan suatu produk yang bernilai.
MATERI
Bab 6 Kelas VII SMP Kurikulum 2013: Halaman 137I.
Sistem Pencernaan Sudah dikemukakan di atas bahwa makanan merupakan sumber energi bagi tubuh.Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan mengalami perombakan dari molekulkompleks menjadi molekul sederhana. Perombakan ini akan menghasilkan sejumlahenergi. Zat makanan yang berperan sebagai sumber energi adalah karbohidrat, lemak, danprotein.1. Metabolisme Pencernaan Karbohidrat dalam TubuhKarbohidrat setelah dicerna di usus akan diserap oleh dinding usus halus dalambentuk monosakarida. Monosakarida dibawa oleh aliran darah sebagian besar menujuhati dan sebagian lainnya dibawa ke sel jaringan tertentu dan mengalami prosesmetabolisme lebih lanjut. Di dalam hati, monosakarida mengalami proses sintesismenghasilkan glikogen, dioksidasi menjadi CO2 dan H2O, atau dilepaskan untukdibawa oleh aliran darah ke bagian tubuh yang memerlukan. Hati dapat mengatur kadarglukosa dalam darah atas bantuan hormon insulin yang dikeluarkan oleh kelenjar pankreas. Kenaikan proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat menyebabkanglukosa dalam darah meningkat sehingga sintesis glikogen dari glukosa oleh hati akannaik. Sebaliknya, jika banyak kegiatan, banyak energi yang digunakan untuk kontraksiotot sehingga kadar glukosa dalam darah menurun. Dalam hal ini, glikogen akandiuraikan menjadi glukosa yang selanjutnya mengalami katabolisme menghasilkanenergi (dalam bentuk energi kimia).Hormon yang mengatur kadar gula dalam darah, yaitu:1. hormon insulin, dihasilkan oleh pankreas, berfungsi menurunkan kadar glukosadalam darah.2. hormon adrenalin, dihasilkan oleh korteks adrenal, berfungsi menaikkan kadarglukosa dalam darah.
Kompetensi
Dasar:
Kelas XII: 3.3 Mendeskripsikan sifat dan fungsi
enzim dalam proses metabolisme.
4.8 Menyajikan hasil
identifikasi produk-produk makanan, minuman dan obat-obatan hasil implementasi konsep
metabolisme yang ada di kehidupan sehari-hari.
Tabel Kompetensi Dasar
|
Kompetensi Dasar
|
Bentuk Bahan/Materi
|
Sumber Bahan
|
Mendeskripsikan
sifat dan fungsi enzim dalam proses metabolisme.
|
Konsep dan Prinsip
|
Buku, Internet, Jurnal, pakar bidang
studi dan media audiovisual (TV, Video dsb.)
|
Menyajikan hasil identifikasi
produk-produk makanan, minuman dan obat-obatan hasil implementasi konsep
metabolisme yang ada di kehidupan sehari-hari.
|
Fakta, Konsep, dan Prinsip, keterampilan
|
Buku, Internet, Lingkungan (alam,
industri dsb.), Laporan hasil penelitian, Jurnal, pakar bidang studi dan
media audiovisual (TV, Video dsb.)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar